Jumat, 18 Juli 2014

Saya ingin kembali berbagi mengenai topik yang paling saya senangi yaitu branding, dalam posting kali ini saya akan mengenalkan beberapa istilah branding yang umum digunakan sebagai pengetahuan dasar memahami bisnis branding, serta menjadi keyword untuk belajar lebih lanjut mengenai branding.


Berikut beberapa istilah tersebut:

Brand Essence
Penyederhanaan berbagai karakteristik yang membentuk sebuah brand menjadi inti konsep komunikasi utama sebuah brand.

contoh: Mercedes–Benz > Luxury ; Volvo > Safety ; Apple > Simple, Creativity & Innovation


Brand Extension
Sebuah perluasan produk atau servis baru dari sebuah brand yang masih berhubungan dengan brand utama, namun menawarkan keuntungan atau manfaat yang berbeda dan menarik segmen konsumen yang berbeda dengan brand utama.

Contoh: Lifebouy yang awalnya merupakan brand sabun mandi, saat ini menjadi brand shampo; brand Teh Gelas yang awalnya hanya pada kemasan gelas plastik saat ini memasuki kategori kemasan tetrapack.


Brand Architecture
Makna dari istilah ini adalah bagaimana menata sebuah brand yang memiliki banyak perluasan dari brand utama, sehingga ada penggunaan istilah parent brand (brand induk). ada beberapa teknik dalam brand architecture ini. Namun saya hanya menjelaskan makna umumnya saja saat ini.

Contoh: Brand Unilever memiliki brand-brand lain seperti Lux, Sunlight, Rinso dll., semua sub brand ini memiliki satu induk yaitu Unilever; Perusahaan Astra International yang memiliki brand khusus untuk segmen yang berbeda seperti Astra Otoparts, Asuransi Astra Buana, Astra Agro Lestari, Astra Graphia Information Technology.


Brand Engagement
Sebuah bentuk pengorganisasian antara orang-orang yang terlibat dalam proses dibalik pembangunan sebuah brand untuk menjamin pelayanan dan produk  mereka konsisten dengan janji sebuah brand (Brand Promise) sehingga membangun hubungan yang kuat antara brand dan konsumen utamanya. 

Simplenya adalah membangun hubungan antara brand dan konsumen. istilah ini lebih sering digunakan pada brand konsumsi (Consumer Goods). 

Contoh penggunaan istilah adalah seperti pada kalimat "Aqua melaksanakan program pengadaan air bersih di Indonesia bagian Timur untuk membangun brand engagement antara konsumen Aqua dan brand Aqua, dimana konsumen merasa ikut andil dalam donasi pengembangan kesehatan bagi rakyat Indonesia"


Brand Loyalty
Kesetiaan pelanggan terhadap brand tertentu.


Brand Equity
Keseluruhan Asset suatu brand baik nama, simbol, servis dan keterpercayaannya yang meliputi aspek berwujud maupun tak berwujud yang menjadi tolak ukur performa sebuah brand.

Simpelnya Brand Equity mengacu pada nilai totalitas sebuah brand yang terdiri dari berbagai aspek yang kompleks. Brand Equity biasa digunakan dalam menunjukan penelitian performa total dari sebuah brand yang sering dilakukan berbagai lembaga-lembaga survey marketing ataupun branding.


----------------
Sumber: Landor Lexicon (1995) ; Marketing Insights from A–Z, Philip Kotler (2003); Sumber-sumber lainnya.

Semoga pemahaman dasar istilah-istilah brand ini dapat membuka wawasan Anda sekalian untuk lebih mengenal "Branding" lebih jauh. Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar