Jumat, 06 Maret 2015

Menciptakan Brand Essence


" The Best Brand Stand For Something"
(Alina Wheeler)

Brand terbaik berpegang dan mempertahankan sesuatu nilai, kurang lebih begitulah inti dari kata-kata tersebut. Esensi sebuah brand adalah seperti jati diri seorang manusia, dia sangat sederhana dan mewakili nilai sebuah brand dalam jangka panjang.


Dalam menciptakan Esensi Brand (Brand Essence), kita harus memahami terlebih dahulu nilai yang paling berharga dalam perusahaan kita. Ada beberapa pertanyaan untuk membantu kita semua untuk memahami hal ini, sebagai berikut:


  • Nilai mana yang sangat melekat dengan perusahaan Anda yang apa bila dihilangkan, perusahaan Anda akan berhenti menjadi sebagaimana adanya saat ini?
  • Nilai apa saja yang secara konsisten dipegang oleh perusahaan Anda ketika menghadapi hambatan?
  • Nilai apa yang paling dirindukan oleh konsumen Anda, jika perusahaan Anda sudah tidak beroperasi lagi?



Dengan mengetahui nilai yang menjadi jati diri sebuah brand, akan menciptakan perusahaan yang berkarakter dan sulit untuk ditiru. Nilai ini mungkin dapat ditulis dan diungkapkan sama oleh kompetitor kita, namun mereka tidak akan bisa meniru jati diri kita sepenuhnya, sama seperti tidak ada manusia yang persis sama walaupun lahir sebagai kembar identik.

Esensi Brand kita adalah jati diri kita sebagai sebuah brand yang dikenal, diharapkan, dan diinginkan oleh setiap konsumen kita dan tumbuh melalui pengalaman dalam berhubungan dengan brand yang kita miliki.

0 komentar:

Posting Komentar